Rabu, 15 Februari 2023
Minggu, 12 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Jam'iyyah/Muassasah/Majmu'ah Salafiyyah Bukanlah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah
Jam'iyyah/Muassasah/Majmu'ah Salafiyyah Bukanlah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah
☆ Larangan Tafarruq (Ber-firqah-firqah)
Allah Ta’ala berfirman :
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا
"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara." (QS. Ali Imran:103).
Al Hafizh Ibnu Katsir rohimahullah berkata, "Dia (Allah) memerintahkan mereka (umat Islam) untuk berjama’ah dan melarang perpecahan. Dan telah datang banyak hadits, yang (berisi) larangan perpecahan dan perintah persatuan. Mereka dijamin terjaga dari kesalahan manakala mereka bersepakat, sebagaimana tersebut banyak hadits tentang hal itu juga. Dikhawatirkan terjadi perpecahan dan perselisihan atas mereka. Namun hal itu telah terjadi pada umat ini, sehingga mereka berpecah menjadi 73 firqoh. Diantaranya terdapat satu firqoh najiyah (yang selamat) menuju surga dan selamat dari siksa neraka. Mereka ialah orang-orang yang berada di atas apa-apa yang ada pada diri Nabi dan para shahabat beliau." (Tafsir Al Qur'anil 'Azhim, surat Ali Imron: 103).
عَنْ أَبِي نَجِيْحٍ العِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ قاَلَ : وَعَظَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ مَوْعِظًةً وَجِلَتْ مِنْهَا القُلُوْبُ وَذَرَفَتْ مِنْهَا العُيُوْنُ فَقُلْنَا : يَا رَسُوْلَ اللهِ كَأَنَّهَا مَوْعِظَةً مُوَدِّعٍ فَأَوْصِنَا قَالَ أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ تَأَمَّرَ عَلَيْكُمْ عَبْدٌ فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَي اخْتِلاَفًا كَثِيْرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ المَهْدِيِّيْنَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُوْرِ فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ
Dari Abu Najih Al-‘Irbadh bin Sariyah rodhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam memberikan nasihat kepada kami dengan nasihat yang membuat hati menjadi bergetar dan mata menangis, maka kami berkata, ‘Wahai Rosulullah! Sepertinya ini adalah wasiat dari orang yang akan berpisah, maka berikanlah wasiat kepada kami.’ Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Aku berwasiat kepada kalian agar bertakwa kepada Allah, mendengar dan taat meskipun kalian dipimpin seorang budak. Sungguh, orang yang hidup di antara kalian sepeninggalku, ia akan melihat perselisihan yang banyak. Oleh karena itu, wajib atas kalian berpegang teguh pada sunnahku dan Sunnah khulafaur rosyidin al-mahdiyyin (yang mendapatkan petunjuk dalam ilmu dan amal). Gigitlah sunnah tersebut dengan gigi geraham kalian, serta jauhilah setiap perkara yang diada-adakan, karena setiap bidah adalah sesat.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, ia berkata bahwa hadits ini hasan sahih).
☆ Waspadalah Terhadap Jam'iyyah/Muassasah/Majmu'ah Salafiyyah
☆ Larangan Tafarruq (Ber-firqah-firqah)
Allah Ta’ala berfirman :
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا
"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara." (QS. Ali Imran:103).
Al Hafizh Ibnu Katsir rohimahullah berkata, "Dia (Allah) memerintahkan mereka (umat Islam) untuk berjama’ah dan melarang perpecahan. Dan telah datang banyak hadits, yang (berisi) larangan perpecahan dan perintah persatuan. Mereka dijamin terjaga dari kesalahan manakala mereka bersepakat, sebagaimana tersebut banyak hadits tentang hal itu juga. Dikhawatirkan terjadi perpecahan dan perselisihan atas mereka. Namun hal itu telah terjadi pada umat ini, sehingga mereka berpecah menjadi 73 firqoh. Diantaranya terdapat satu firqoh najiyah (yang selamat) menuju surga dan selamat dari siksa neraka. Mereka ialah orang-orang yang berada di atas apa-apa yang ada pada diri Nabi dan para shahabat beliau." (Tafsir Al Qur'anil 'Azhim, surat Ali Imron: 103).
عَنْ أَبِي نَجِيْحٍ العِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ قاَلَ : وَعَظَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ مَوْعِظًةً وَجِلَتْ مِنْهَا القُلُوْبُ وَذَرَفَتْ مِنْهَا العُيُوْنُ فَقُلْنَا : يَا رَسُوْلَ اللهِ كَأَنَّهَا مَوْعِظَةً مُوَدِّعٍ فَأَوْصِنَا قَالَ أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ تَأَمَّرَ عَلَيْكُمْ عَبْدٌ فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَي اخْتِلاَفًا كَثِيْرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ المَهْدِيِّيْنَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُوْرِ فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ
Dari Abu Najih Al-‘Irbadh bin Sariyah rodhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam memberikan nasihat kepada kami dengan nasihat yang membuat hati menjadi bergetar dan mata menangis, maka kami berkata, ‘Wahai Rosulullah! Sepertinya ini adalah wasiat dari orang yang akan berpisah, maka berikanlah wasiat kepada kami.’ Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Aku berwasiat kepada kalian agar bertakwa kepada Allah, mendengar dan taat meskipun kalian dipimpin seorang budak. Sungguh, orang yang hidup di antara kalian sepeninggalku, ia akan melihat perselisihan yang banyak. Oleh karena itu, wajib atas kalian berpegang teguh pada sunnahku dan Sunnah khulafaur rosyidin al-mahdiyyin (yang mendapatkan petunjuk dalam ilmu dan amal). Gigitlah sunnah tersebut dengan gigi geraham kalian, serta jauhilah setiap perkara yang diada-adakan, karena setiap bidah adalah sesat.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, ia berkata bahwa hadits ini hasan sahih).
☆ Waspadalah Terhadap Jam'iyyah/Muassasah/Majmu'ah Salafiyyah
Syaikh Muhammad Al ‘Utsaimin rohimahullah berkata, "Jika banyak golongan-golongan (hizbiyyah), maka jangalah mengikuti hizbi yang ada. Dahulu sudah muncul banyak golongan seperti Khowarij, Mu'tazilah, Jahmiyyah, dan Rofidhah. Kemudian belakangan ini ada berbagai golongan seperti ikhwaniyyun, salafiyyun, tablighiyyun, dan semacamnya. Ini semua kelompok-kelompok, jadikanlah yang kamu ikuti adalah sunnah Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam, karena Rosul shollallahu ‘alaihi wa sallam katakan: ‘Hendaklah berpegang pada ajaranku dan ajaran khulafaur rosyidin."
Tidak ragu lagi bahwa wajib bagi kaum muslimin mengikuti madzhab salaf, kita tidak disuruh mengikuti kelompok yang namanya salafiyyun. Wajib bagi umat Islam mengikuti madzhab salafush shalih, bukan mengikuti kelompok salafiyyun. Namun para ikhwah salafiyyun lebih dekat pada kebenaran. Akan tetapi, masalah mereka adalah sama dengan yang lainnya, mereka saling sesatkan dan saling memfasikkan. Kami tidak salahkan mereka jika mereka berada di atas kebenaran. Akan tetapi, yang kami ingkari adalah cara mereka mengoreksi dengan cara seperti itu. Wajib bagi kita untuk menyatukan pemimpin tiap-tiap kelompok ini. Lalu kita suruh untuk mengikuti Al Qu'ran dan Sunnah Rosul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita berhukum kepada keduanya bukan kembali pada hawa nafsu, bukan berhukum pada fulan atau fulan. Setiap orang bisa benar atau salah, selama masih berada di atas ilmu dan ibadah. Akan tetapi yang maksum adalah dinul Islam.” (Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyyah, hlm. 308-309).
☆ Apa Dibenarkan Penisbatan Dengan Salafiyyah/Salafiyyun?
(1) Penisbatan Salafiyyah/Salafiyun, setahu kita tidak ada salafnya. Ahlus Sunnah yang berpegang kepada Aqidah Salaf ataupun manhaj Salafush Sholih, tiada nukilan menamakan diri Salafiyyah/Salafiyun. Andai itu dibolehkan maka penamaan Muhammadiyyah ataupun Ashhabiyah tentu lebih utama.?
(2) Jika ada yang berhujjah atau mengqiaskan dengan Hanafiyyah, Malikiyyah, Syafi'iyyah dan sebagainya..maka itu hanya digunakan dalam perkara seputar fiqh. Andai ada seorang muslim dalam perkara fiqh banyak mencocoki imam Asy Syafi'i apa kemudian boleh kita katakan Syafi'iyyah.?
(3) Istilah ikhtilaf itu ada perbedaan makna dengan iftirraq. Ahlus Sunnah memahami ikhtilaf itu rohmat sedang iftirraq itu adzab. Ikhtilaf itu termasuk rahmat Allah kepada umat ini yang diberi rukhshoh sehingga yang salah pun insya Allah tetap mendapat pahala dan ampunan. Seperti khilaf mu'tabar dalam perkara fiqh, masing-masing pendapat berpegang dalil tapi ada perbedaan pemahaman bukan karena mengikuti hawa nafsu.
اخْتِلَافُ أمَّتي رَحْمَةٌ
Walau haditsnya dho'if/maudhu' tapi insya Allah kandungan maknanya tidak batil. Telah diriwayatkan dari Umar bin Abdul Azis bahwa dia berkata :
لاَ يَسُرُّنِيْ أَنَّ أَصْحَابَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَخْتَلِفُوْا؛ لِأَنَّهُمْ لَوْ لَمْ يَخْتَلِفُوْا لَمْ تَكُنْ رُخْصَةٌ
“Aku tidak suka bila para sahabat Muhammad ﷺ tidak berselisih (pendapat) karena bila mereka tidak berselisih maka tidak akan ada rukhshah (keringanan).”
Sedang iftirraq itu adzab dan tercela yang telah Allah taqdirkan terjadi pada ummat ini. Termasuk perpecahan antar hizb Salafiyyah/Salafiyyun itu iftirraq yang tercela dan insya Allah termasuk adzab akibat dosa. Wa Allahu a'lam.
(4) Setahu kita tidak ada ketua dan pengurus madzhab Syafi'iyyah. Tidak sebagaimana jam'iyyah Salafiyyah yang teroganisir dan ada kepengurusan.
☆ Ciri-ciri Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Vs Salafiyyah Wal Jam'iyyah
(1) Bersatu Di Atas Kebenaran
Allah ta’ala berfirman :
إِنَّ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا لَسْتَ مِنْهُمْ فِي شَيْءٍ
“Sesungguhnya orang-orang yang suka memecah-belah agama mereka sehingga menjadi bergolong-golongan maka engkau (Muhammad) sama sekali tidak termasuk bagian mereka.” (QS. al-An’am: 159).
Allah ta’ala berfirman :
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا
“Dan berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah secara bersama-sama dan jangan berpecah-belah.” (QS. Ali ‘Imran: 103).
Ciri Ahlus Sunnah tidak berpecah belah atau berfirqah-firqah. Sedang fakta hizb Salafiyyah di Indonesia suka berpecah belah atau berkelompok-kelompok dengan mendirikan jam'iyyah, muassasah, dan semisal.
(2) Taat kepada Allah dan Nabi serta mengikuti kebenaran
Allah ta’ala berfirman :
وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا
“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.” (QS. an-Nisaa’: 69).
Allah ta’ala berfirman :
وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا
“Barangsiapa yang menentang rasul setelah jelas baginya petunjuk dan dia mengikuti jalan selain orang-orang yang beriman, maka Kami akan membiarkan dia terombang-ambing dalam kesesatan yang dia pilih, dan Kami akan memasukkannya ke dalam Jahannam, dan sesungguhnya Jahannam itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. an-Nisaa’: 115).
Allah ta’ala berfirman :
وَمَا اخْتَلَفْتُمْ فِيهِ مِنْ شَيْءٍ فَحُكْمُهُ إِلَى اللَّهِ
“Dan apa pun yang kalian perselisihkan maka hukumnya adalah kepada Allah.” (QS. asy-Syura: 10).
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah di Indonesia gemar menyelisihi jalan orang-orang beriman. Mereka gemar mengadakan bid'ah jam'iyyah/muassasah, panti/pondhok asuhan, serta gemar nerjang maksiat yaitu menghalalkan shuroh bernyawa, wanita merantau tanpa mahram atau hadhinah yang sah, mencari ilmu dengan tujuan dunia ataupun ijazah, tasawwul/minta-minta untuk kepentingan hizb dan lain-lain. Tanpa bisa sebutkan dalil dan salafnya.
3. Taat Kepada Ulil Amri
Allah ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
“Wahai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah rasul serta ulil amri diantara kalian. Kemudian apabila kalian berselisih tentang suatu perkara maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir. Hal itu lebih baik dan lebih bagus hasilnya.” (QS. an-Nisaa’: 59).
Ahlus Sunnah wajib taat kepada ulil amri selama bukan dalam perkara maksiat. Tapi fakta hizb salafiyyah banyak yang gemar membangkang dan tafarruq dengan mengadakan sholat Jum'at sendiri yang mana itu tiada salafnya serta menyilisihi Aqidah Ahlus Sunnah ataupun Ushulus Sunnah yang memerintahkan sholat Jum'at ma'al umara'.
(4) Menjunjung tinngi tauhid
Allah ta’ala berfirman,
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ
“Sungguh Kami telah mengutus kepada setiap umat seorang rasul yang mengajak: Sembahlah Allah dan jauhilah thaghut.” (QS. an-Nahl: 36)
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah banyak yang gemar menyembah thoghut dengan taqlid dan mentaati akabirnya dalam perkara yang Allah haramkan seperti shuroh bernyawa, tafarruq mengadakan sholat Jum'at sendiri, panti asuhan, mengemis dan lain-lain tanpa mampu sebutkan dalil serta salafnya.
(5) Ahlus Sunnah membenarkan Aqidah dan Ushulus Sunnah yang telah disepakati.
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah menyelisihi sebagian Aqidah Ahlus Sunnah ataupun Ushulus Sunnah. As Sunnah memerintahkan sholat Jum'at ma'al umaro' sebagaimana pengamalan salaful ummah. Tidak tafarruq mengadakan sholat Jum'at sendiri ala hizbiyyah.
(6) Meniti jalan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan jalan para sahabatnya, bersandar pada Al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih, yaitu generasi pertama umat ini dari kalangan sahabat, tabiin, dan generasi setelah mereka.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ
“Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian orang-orang setelah mereka, kemudian orang-orang setelah mereka.” (HR. al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad)
Kita lihat faktanya hizb Salafiyyah/Salafiyyun gemar tafarruq mengadakan sholat Jum'at sendiri, mendirikan jam'iyyah, panti asuhan dll yang tiada dalil dan salafnya.
(7) Lebih mendahulukan ucapan Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul shallallahu alaihi wa sallam daripada ucapan selainnya.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُقَدِّمُواْ بَيۡنَ يَدَيِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (al-Hujurat: 1)
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah sering lebih mendahulukan perkataan Akabirnya dan hawa nafsu daripada mendahulukan Allah dan Nabi. Mereka juga banyak yang tidak punya rasa malu nerjang bid'ah dan maksiat bukan karena darurot ataupun hajat wajib. Di sekolah mereka diajarkan Ilmu Pengetahuan Ateisme/IPA yang jauh lebih buruk daripada PMP. Seperti alam tercipta tanpa ada sang Pencipta, teori abiogenesis dan biogenesis, teori manusia dari kera, bumi mengelilingi matahari, hukum kekekalan energi yang tidak bisa dimusnahkan dan teori-teori kufur lainnya. Nabi melarang shuroh makhluq bernyawa, tapi firqah Salafiyyah banyak yang menghalalkan tanpa secuil dalil. Nabi mengajarkan agar anak kecil dan gadis tinggal bersama hadhinah yang sah. Tapi kelompok salafiyyun banyak yang menitipkan anaknya di panti asuhan atau tempat penitipan anak. Padahal tiada dalil dan salafnya. Itu semua karena mendahulukan perkataan akabir dan hawa nafsunya.?
☆ Ciri-ciri Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Vs Salafiyyah Wal Jam'iyyah
(1) Bersatu Di Atas Kebenaran
Allah ta’ala berfirman :
إِنَّ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا لَسْتَ مِنْهُمْ فِي شَيْءٍ
“Sesungguhnya orang-orang yang suka memecah-belah agama mereka sehingga menjadi bergolong-golongan maka engkau (Muhammad) sama sekali tidak termasuk bagian mereka.” (QS. al-An’am: 159).
Allah ta’ala berfirman :
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا
“Dan berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah secara bersama-sama dan jangan berpecah-belah.” (QS. Ali ‘Imran: 103).
Ciri Ahlus Sunnah tidak berpecah belah atau berfirqah-firqah. Sedang fakta hizb Salafiyyah di Indonesia suka berpecah belah atau berkelompok-kelompok dengan mendirikan jam'iyyah, muassasah, dan semisal.
(2) Taat kepada Allah dan Nabi serta mengikuti kebenaran
Allah ta’ala berfirman :
وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا
“Barangsiapa yang menaati Allah dan rasul, maka mereka itulah orang-orang yang akan bersama dengan kaum yang diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan shalihin. Dan mereka itu adalah sebaik-baik teman.” (QS. an-Nisaa’: 69).
Allah ta’ala berfirman :
وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا
“Barangsiapa yang menentang rasul setelah jelas baginya petunjuk dan dia mengikuti jalan selain orang-orang yang beriman, maka Kami akan membiarkan dia terombang-ambing dalam kesesatan yang dia pilih, dan Kami akan memasukkannya ke dalam Jahannam, dan sesungguhnya Jahannam itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. an-Nisaa’: 115).
Allah ta’ala berfirman :
وَمَا اخْتَلَفْتُمْ فِيهِ مِنْ شَيْءٍ فَحُكْمُهُ إِلَى اللَّهِ
“Dan apa pun yang kalian perselisihkan maka hukumnya adalah kepada Allah.” (QS. asy-Syura: 10).
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah di Indonesia gemar menyelisihi jalan orang-orang beriman. Mereka gemar mengadakan bid'ah jam'iyyah/muassasah, panti/pondhok asuhan, serta gemar nerjang maksiat yaitu menghalalkan shuroh bernyawa, wanita merantau tanpa mahram atau hadhinah yang sah, mencari ilmu dengan tujuan dunia ataupun ijazah, tasawwul/minta-minta untuk kepentingan hizb dan lain-lain. Tanpa bisa sebutkan dalil dan salafnya.
3. Taat Kepada Ulil Amri
Allah ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
“Wahai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah rasul serta ulil amri diantara kalian. Kemudian apabila kalian berselisih tentang suatu perkara maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir. Hal itu lebih baik dan lebih bagus hasilnya.” (QS. an-Nisaa’: 59).
Ahlus Sunnah wajib taat kepada ulil amri selama bukan dalam perkara maksiat. Tapi fakta hizb salafiyyah banyak yang gemar membangkang dan tafarruq dengan mengadakan sholat Jum'at sendiri yang mana itu tiada salafnya serta menyilisihi Aqidah Ahlus Sunnah ataupun Ushulus Sunnah yang memerintahkan sholat Jum'at ma'al umara'.
(4) Menjunjung tinngi tauhid
Allah ta’ala berfirman,
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ
“Sungguh Kami telah mengutus kepada setiap umat seorang rasul yang mengajak: Sembahlah Allah dan jauhilah thaghut.” (QS. an-Nahl: 36)
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah banyak yang gemar menyembah thoghut dengan taqlid dan mentaati akabirnya dalam perkara yang Allah haramkan seperti shuroh bernyawa, tafarruq mengadakan sholat Jum'at sendiri, panti asuhan, mengemis dan lain-lain tanpa mampu sebutkan dalil serta salafnya.
(5) Ahlus Sunnah membenarkan Aqidah dan Ushulus Sunnah yang telah disepakati.
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah menyelisihi sebagian Aqidah Ahlus Sunnah ataupun Ushulus Sunnah. As Sunnah memerintahkan sholat Jum'at ma'al umaro' sebagaimana pengamalan salaful ummah. Tidak tafarruq mengadakan sholat Jum'at sendiri ala hizbiyyah.
(6) Meniti jalan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan jalan para sahabatnya, bersandar pada Al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih, yaitu generasi pertama umat ini dari kalangan sahabat, tabiin, dan generasi setelah mereka.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ
“Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian orang-orang setelah mereka, kemudian orang-orang setelah mereka.” (HR. al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad)
Kita lihat faktanya hizb Salafiyyah/Salafiyyun gemar tafarruq mengadakan sholat Jum'at sendiri, mendirikan jam'iyyah, panti asuhan dll yang tiada dalil dan salafnya.
(7) Lebih mendahulukan ucapan Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul shallallahu alaihi wa sallam daripada ucapan selainnya.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُقَدِّمُواْ بَيۡنَ يَدَيِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (al-Hujurat: 1)
Kita lihat fakta hizb Salafiyyah sering lebih mendahulukan perkataan Akabirnya dan hawa nafsu daripada mendahulukan Allah dan Nabi. Mereka juga banyak yang tidak punya rasa malu nerjang bid'ah dan maksiat bukan karena darurot ataupun hajat wajib. Di sekolah mereka diajarkan Ilmu Pengetahuan Ateisme/IPA yang jauh lebih buruk daripada PMP. Seperti alam tercipta tanpa ada sang Pencipta, teori abiogenesis dan biogenesis, teori manusia dari kera, bumi mengelilingi matahari, hukum kekekalan energi yang tidak bisa dimusnahkan dan teori-teori kufur lainnya. Nabi melarang shuroh makhluq bernyawa, tapi firqah Salafiyyah banyak yang menghalalkan tanpa secuil dalil. Nabi mengajarkan agar anak kecil dan gadis tinggal bersama hadhinah yang sah. Tapi kelompok salafiyyun banyak yang menitipkan anaknya di panti asuhan atau tempat penitipan anak. Padahal tiada dalil dan salafnya. Itu semua karena mendahulukan perkataan akabir dan hawa nafsunya.?
Bersambung...insya Allah.
Langganan:
Postingan (Atom)
"Ahlus-Sunnah Wal-Jama'ah" Itu Bukan Sebuah Jam'iyyah ataupun Hizbiyyah
"Ahlus-Sunnah Wal-Jama'ah" Itu Bukan Sebuah Jam'iyyah ataupun Hizbiyyah Hukumi Manusia Dengan Hujjah Dan Burhan Sesuai Z...
-
Hukum Shalat Jenazah Di Al-Maqbaroh Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'a h Dalil Yang Secara Umum Melarang Shalat Di Al-Maqbaroh (Kuburan) ...
-
Pembagian Tauhid Dan Asal Usulnya Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Tidak Mewajibkan Pembagian Tauhid Men...