Jumat, 20 Desember 2024

Bisa Jadi Engkau Membenci Sesuatu Padahal Itu Baik Bagi Dirimu





Bisa Jadi Engkau Membenci Sesuatu Padahal Itu Baik Bagi Dirimu


كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ۝٢١٦


     Allah Ta'ala berkalam :

.... وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ۝٢١٦

216. .... Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al-Baqoroh : 216).

     Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab tafsirnya berkata :

وَهَذَا عَامٌّ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا، قَدْ يُحِبّ المرءُ شَيْئًا، وَلَيْسَ لَهُ فِيهِ خِيَرَةٌ وَلَا مَصْلَحَةٌ

"Hal ini bersifat umum mencakup semua perkara. Adakalanya seseorang mencintai sesuatu, sedangkan padanya tidak ada kebaikan atau suatu maslahat pun baginya."

      Ibnu Katsir menyatakan lagi dalam kitab tafsirnya,

ثُمَّ قَالَ تَعَالَى: ﴿وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ﴾ أَيْ: هُوَ أَعْلَمُ بِعَوَاقِبِ الْأُمُورِ مِنْكُمْ، وأخبَرُ بِمَا فِيهِ صَلَاحُكُمْ فِي دُنْيَاكُمْ وَأُخْرَاكُمْ؛ فَاسْتَجِيبُوا لَهُ، وَانْقَادُوا لِأَمْرِهِ، لَعَلَّكُمْ تَرْشُدُونَ.

"Kemudian Allah berkalam : {وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ} Allah mengetahui, sedangkan kalian tidak mengetahui. (Al-Baqarah: 216) Artinya, Allah lebih mengetahui tentang akibat dari semua perkara daripada kalian, dan lebih melihat tentang hal-hal yang di dalamnya terkandung kemaslahatan dunia dan akhirat bagi kalian. Maka perkenankanlah seruan-Nya dan taatilah perintah-Nya, mudah-mudahan kalian mendapat petunjuk."

Kamis, 19 Desember 2024

Cintai Dan Terimalah Nasihat Dari Saudaramu Yang Mengingatkanmu..


 


Cintai Dan Terimalah Nasihat Dari Saudaramu Yang Mengingatkanmu..


قال نجم الدين ابن قدامة المقدسي ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ : "وقد كان السلف يحبون من ينبههم على عيوبهم، ونحن الآن في الغالب أبغض الناس إلينا من يعرفنا عيوبنا." (كتاب مختصر منهاج القاصدين ص ١٥٧ - نجم الدين، أبو العباس، أحمد بن عبد الرحمن بن قدامة المقدسي ت ٦٨٩هـ)

✍🏼  Ibnu Qudamah Al Maqdisi رحمه الله berkata :

قَد كَان السَّلفُ يُحِبّونَ مَن يُنبّههُمْ عَلى عُيوبهِمْ، وَنحنُ الآنَ فِي الغَالِب أَبغضُ النَّاس إليْنَا مَن يُعرّفنَا عُيوْبنَا

“Dahulu kaum Salaf mencintai orang-orang yang mengingatkan kesalahan mereka, sedangkan kita sekarang kebanyakan sangat membenci orang yang menjelaskan kesalahan-kesalahan kita.”
📖  lihat Mukhtashar Minhajul Qashidin hlm. 157

Senin, 16 Desember 2024

Keutamaan Al-Hilm (Menahan Diri Dari Amarah) Dan Sabar





Keutamaan Al-Hilm (Menahan Diri Dari Amarah) Dan Sabar


قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله : ".... درجة الحلم والصبر على الأذى والعفو عن الظلم أفضل أخلاق أهل الدنيا والآخرة يبلغ الرجل بها ما لا يبلغه بالصيام والقيام قال تعالى: {وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ} وقال تعالى: {وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّه} وقال تعالى: {إِنْ تُبْدُوا خَيْراً أَوْ تُخْفُوهُ أَوْ تَعْفُوا عَنْ سُوءٍ فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوّاً قَدِيراً} وقال: {وَإِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوا بِمِثْلِ مَا عُوقِبْتُمْ بِهِ وَلَئِنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِلصَّابِرِين}" ( كتاب الصارم المسلول على شاتم الرسول ص ٢٣٤ - ابن تيمية )

✍🏼  Syaikhul Islam Ibnu Taymiyyah rahimahullah berkata:
".... Derajat al-hilm (menahan marah) dan orang yang bersabar atas gangguan (segala tuduhan keji, disakiti) serta memaafkan atas perlakuan zhalim terhadapnya, merupakan derajat akhlaq paling utama penduduk dunia dan penduduk akhirat, yang dengannya seseorang mencapai apa yang tidak dapat dicapai dengan puasa dan qiyamul lail.
Allah Ta'ala berkalam (QS. Ali Imron : 144 yang artinya) : {dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.}.
Dan Allah Ta'ala berkalam (QS. Asy-Syuro : 40 yang artinya) : {Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.}
Dan Allah Ta'ala berkalam (QS. An-Nisa' : 149 yang artinya) : {Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Kuasa.}
Dan Allah Ta'ala berkalam (QS. An Nahl : 126 yang artinya) : {Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.}"

📚  lihat kitab As-Sarim al-Maslul Ibnu Taimiyyah hal 234.





Larangan Isyrof ( Berbuat Berlebihan/Boros ) Dalam Makanan, Minuman Dan Pakaian




Larangan Isyrof ( Berbuat Berlebihan/Boros ) Dalam Makanan, Minuman Dan Pakaian


وَالَّذِيْنَ اِذَآ اَنْفَقُوْا لَمْ يُسْرِفُوْا وَلَمْ يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذٰلِكَ قَوَامًا ۝٦٧

67. Dan (termasuk hamba-hamba Ar-Rohman) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar, " (QS. Al-Furqon : 67)

 يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ۝٣١

31. Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al-A'rof : 31)

عن عمرو بن شعيب، عن أبيه، عن جدِّه رضي الله عنهما؛ أنَّ النبيَّ صلى الله عليه وسلم قال: كُلُوا، وتصدَّقوا، والبسوا، في غير إسرافٍ ولا مَخِيلَةٍ

Dari Amr bin Syu’aib daru bapaknya dari kakeknya  Radhiyallahu 'anhuma bahwa Nabi bersabda, “Makan dan bershodaqohlah dan pakailah pakaian tanpa berlebihan dan sombong”. (HR. An-Nasa’i: 5/79 no: 558 diriwayatkan oleh Al-Bukhari secara ta’liq pasti: 4/53)


Mencukupkan Diri Dengan 1 Sho'/hari Untuk Kebutuhan Hidup, Agar Tidak Termasuk Isyrof


Jika 1 sho' senilai sekitar Rp 30.000, maka untuk kebutuhan hidup selama sebulan Rp 900.000,-/orang. Dan realitanya ada seorang 'abdi Allah yang kebutuhan hidupnya insya Allah cukup sepertiga atau setengahnya saja. Sehingga jatah 1 orang bisa cukup untuk 2 orang.

Jumat, 13 Desember 2024

Semoga Allah Menjadikan Kita Termasuk Orang-orang Yang Menghidupkan As-Sunnah


 

Semoga Allah Menjadikan Kita Termasuk Orang-orang Yang Menghidupkan As-Sunnah

قال محمد بن الحسين :
جعلنا الله وإياكم ممن تحيا بهم السنن ، وتموت بهم البدع ، وتقوى بهم قلوب أهل الحق ، وتنقمع بهم [ نفوس ] أهل الأهواء ، بمنه وكرمه.
.( كتاب الشريعة الآجري ص ١\٢٧٤  - أبو بكر محمد بن الحسين الآجري )

✍🏼  Imam Abu Bakr Muhammad Al-Aajurry rahimahullah berkata :

جَعَلَنَا اللهُ وإيَّاكُم مِمَّن تَحيَا بهِمُ السُّنَنُ وتَمُوتُ بهِمُ البِدَعُ وتَقوَى بهِم قُلُوبُ أهلِ الحَقِّ وتَنقَمِعُ بهِم نُفُوسُ أهلِ الأهوَاءِ بمَنِّهِ وكَرَمِهِ

"Semoga Allah menjadikan kami dan kalian termasuk orang-orang yang dengan sebabnya menghidupkan As-Sunnah,
dngan sebabnya mematikan bid'ah, dengan sebabnya menjadikan semakin kuat (kokoh) hati-hati para ahlul-haqq, dan akan tunduk hati-hati ahlul-ahwa' (pengikut hawa nafsu/ahlul-bid'ah). Dengan karunia-Nya dan kemurahan-Nya."

📚  lihat Kitab Asy-Syarii'ah  (1/274)

Rabu, 11 Desember 2024

Taqwa Dan Tawakkal Tidak Akan Mengkhianati Hasil


 

Taqwa Dan Tawakkal Tidak Akan Mengkhianati Hasil


     Karena Allah Ta'ala berkalam :

.... وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًاۙ ۝٢ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗۗ اِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا ۝٣

"2 .... Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,
3. dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu."

📖  QS. Ath-Tholaq : 2-3

Ahlus-Sunnah Adalah Sebaik-baik Manusia Pilihan Dari Golongan Kaum Muslimin


 


Ahlus-Sunnah Adalah Sebaik-baik Manusia Pilihan Dari Golongan Kaum Muslimin


قالَ شَيْخُ الإسْلاَمِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ  رَحِمَهُ اللهُ  : "وَأَهْلُ السُّنَّةِ يَتَّبِعُونَ الْحَقَّ مِنْ رَبِّهِمُ الَّذِي جَاءَ بِهِ الرَّسُولُ، وَلَا يُكَفِّرُونَ مَنْ خَالَفَهُمْ فِيهِ، بَلْ هُمْ أَعْلَمُ بِالْحَقِّ وَأَرْحَمُ بِالْخَلْقِ، كَمَا وَصَفَ اللَّهُ بِهِ الْمُسْلِمِينَ بِقَوْلِهِ: {كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ} [آلِ عِمْرَانَ ١١٠] . قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: كُنْتُمْ خَيْرَ النَّاسِ لِلنَّاسِ وَأَهْلُ السُّنَّةِ نَقَاوَةُ الْمُسْلِمِينَ، فَهُمْ خَيْرُ النَّاسِ لِلنَّاسِ." ( كتاب منهاج السنة النبوية في نقض كلام الشيعة القدرية ٥\١٥٨ - ابن تيمية )

✍🏼  Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah  rohimahullah berkata : "Ahlus-Sunah adalah orang-orang yang mengikuti Al-Haqq (kebenaran) yang datang dari Allah dan dibawa oleh Rosulullah Muhammad ﷺ, Ahlus-Sunnah tidak mengkafirkan orang yang menyelisihi (berbeda pandangan) dengannya, bahkan Ahlus-Sunnah adalah golongan yang paling mengetahui al-haqq (kebenaraan) dan paling besar kasih sayangnya dengan sesama makhluq (manusia) sebagaimana yang Allah deskripsikan dalam firman-NYA : "Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk umat manusia" (QS. Ali Imron : 110), Abu Hurairoh berkata : "Kalian adalah sebaik-baik manusia yang dilahirkan untuk umat manusia. Dan Ahlus-Sunnah adalah golongan yang terpilih, merekalah sebaik-baik manusia yang dilahirkan untuk umat manusia."
📚  lihat Minhajus-Sunnah An-Nabawiyyah  5/158.

Hendaknya Engkau Membaca Al-Qur'an Dari Mushaf Daripada Membaca Dari HP

Hendaknya Engkau Membaca Al-Qur'an Dari Mushaf Daripada Membaca Dari HP قال النبي ﷺَ : من سره أن يحب الله و رسوله فليقرأ في (المصحف). حس...